Ultimate magazine theme for WordPress.

Dispar Minut Kembali Gelar Relokasi Waruga Tahap II

0 54
KadisparMinut Theodora Luntungan

Minut,¬†Manado Net –¬†Pembangunan mega proyek Waduk Kuwil-Kawangkoan Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat yang nantinya akan sangat membantu masyarakat sekitar sempat terhalang oleh karena adanya situs peninggalan sejarah budaya suku Minahasa yang berada pas di lokasi pembangunan ini.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Minut kembali menfasilitasi pemindahan waruga tahap kedua ini dan disaksikan tokoh masysrakat adat serta tokoh masyarakat Desa Kuwil, Rabu (11/7/2018).

“Pemindahan waruga tahap dua ini terlebih dahulu dilakukan ibadah dan dihadiri oleh sejumlah instansi terkait berupa Balai Sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Balai Aerkologi. Ada 29 waruga dan 2 batu tumutoa yang akan dipindahkan” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Minahasa Utara Dra Theodora Luntungan saat ditemui di lokasi pembangunan Waduk.

Dikatakan Luntungan, waruga yang akan dipindahkan ini dimana sesuai dengan kesepakatan bersama tokoh adat akan diletakkan di lokasi pertama yang telah terletaknya 48 waruga. Nantinya akan dipindahkan kembali jika sudah ada lokasi yang tepat sesuai keinginan dari tokoh adat.

“Dispar sebagai pembina budaya di Minut diberikan tugas oleh Bupati untuk memfasilitasi kegiatan pemindahan ini. Tahap pertama ada 48 waruga yang dipindahkan, dan dilanjutkan saat ini dimana ada 29 waruga dan 2 batu tumutoa. Pemindahan waruga ini bertujuan untuk memperlancar proyek nasional pembangunan waduk Kuwil-Kawangkoan yang sementara dikerjakan oleh pihak kontraktor. Kami siap menunjang program nasional untuk menunjang pariwisata, ketersediaan air baku dan pembangkit listrik di daerah ini,” tambah Luntungan.

Sementara itu, mewakili Balai Aerkologi Treis Rantung Mpd mengharapkan agar pemindahan ini bisa berjalan lancar dan sesuai bentuk aslinya.

“Bentuk waruga jangan dirubah agar kedepan bisa dipelajari,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, mewakili Balai Wilayah Sungai Dan Damare, Camat Kalawat Herman Mengko, mewakili Dispar Sulut Sonny Sumual dan Kepala Bidang Pariwisata Dispar Minut Ferdy Tulong SSTPar.

(red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.