Ultimate magazine theme for WordPress.

Kadisnaker Imbau Penggunaan TKA Di Minut

0 605
Kadisnaker Minut Petrus Macarau

Manadonet.com – Dalam rangka mencegah masuknya pekerja asing yang tidak sesuai kualifikasi sehingga mengancam SDM (Sumber Daya Manusia) lokal, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker Minut) memberikan imbauan dan peringataan kepada setiap Perusahaan yang menggunakan jasa Tenaga Kerja Asing  (TKA) belum terdaftar  di Minut untuk segera melapor.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Utara (Kadisnaker Minut) Petrus Macarau bahwa, penggunaan pekerja asing seharusnya disebabkan oleh tidak adanya sumber daya lokal yang memenuhi syarat dan kualifikasi dari suatu pekerjaan, sehingga diperlukan penggunaan Tenaga Kerja Asing.

“Dari data yang ada pada bulan April 2018, TKA yang ada di Minut berjumlah 85 orang. Saat ini sudah meningkat menjadi 105 orang, yang didominasi pekerja asing asal Filipina” Ungkap Macarau saat ditemui pada5 September 2018.

Menurut Macarau, penggunaan TKA oleh perusahaan harus sesuai aturan, dimana seharusnya sebelum mendatangkan TKA harus sudah melaporkan rencana ini kepada Disnaker mengenai data diri dan deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan , terlebih dalam kelengkapan dokumen yang akan digunakan oleh pekerja asing saat tiba disini sehingga nantinya tidak akan menyulitkan perusahaan itu sendiri.

“Jika kedapatan perusahaan menggunakan tenaga kerja asing tanpa melaporkan ke pihak terkait, TKA tersebut bisa langsung dideportasi dengan berkoordinasi bersama pihak imigrasi. Bahkan jika perusahaan tidak kooperatif dan terkesan menutupi keberadaan TKA tersebut, bisa berujung pada proses pidana” Tegas Macarau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.