Ultimate magazine theme for WordPress.

Polres Minut Amankan Bendungan Kuwil, Ada Apa?

0 609

Manadonet.com – Sebanyak 50 personil Polres Minahasa Utara terlibat pengamanan di bendungan Kuwil kecamatan Kalawat, yang berupakan proyek strategis nasional, dengan menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 1,508 Triliun Rupiah.

Pasalnya, seiring dengan berjalannya pembangunan bendungan tersebut, muncul protes dari beberapa oknum, yang merasa tidak puas dengan proses pembebasan lahan. Menurut mereka bahwa, ada sebagian tanah yang merupakan tanah adat, dan ada juga yang mengatakan bahwa ganti rugi belum terbayarkan, sehingga berlanjut dengan aksi protes dilokasi pembangunan.

“Saat ini Kepolisian Resor Minahasa Utara menurunkan 50 personil dalam rangka mengamankan proses pambangunan proyek strategis nasional ini. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dalam pengamanan pekerja, bukan dalam kapasitas sebagai pelindung salah satu pihak” Tegas Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH melalui Kabag Ops Kompol M Djafar.

Diungkapkan oleh Direksi PT Nindya Karya Donny Dumais bahwa dengan adanya proyek ini, bendungan yang bakal dibangun bisa bermanfaat untuk dapat mengurangi debit banjir dan menyediakan pasokan air baku serta menghasilkan listrik.Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Direksi PT Nindya Karya

“Untuk perkara pembebasan sebidang lahan yang dimaksud, menurut register Desa Kawangkoan bahwa , lahan itu termasuk lahan milik desa, sehingga sesuai regulasi yang ada, kompensasi diberikan kepada desa melalui ganti lahan. namun ada sejumlah oknum yang menyatakan bahwa tanah tersebut merupakan tanah adat, yang sudah terdaftar atas nama seseorang, sehingga menuntut dilakukan pembayaran atas lahan yang dimaksud” tukas Dumais. (Vey)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.