Paripurna HUT Ke-57 Provinsi Sulawesi Utara

oleh
DPRD Sulut gelar Paripurna HUT ke-57 Provinsi Sulut. (Istimewa)

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) gelar rapat paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Provinsi Sulut, di Kantor DPRD Sulut, Kamis (23/9/2021).

Rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD dr Fransiscus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay dan Billy Lombok.

Rapat paripurna ini digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Undangan dibatasi, wajib memakai masker, dan letak duduk diberi jarak. Master of ceremony yang bertugas pun tak pernah lelah mengingatkan peserta paripurna untuk tidak melepas masker dan tetap menjaga social distancing.

 

Seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, paripurna HUT daerah yang digelar Sekretariat DPRD ‘mengawinkan’ adat khas Sulut yang terdiri dari tiga etnis besar, yakni Minahasa, Nusa Utara, dan Bolmong Raya. Semua undangan menggunakan pakaian adat tiga etnis ini. Bahkan di akhir paripurna dipilih empat orang undangan yang dinilai mengenakan pakaian adat terbaik.

Paripurna dimulai dengan tarian Kabela dari Bolaang Mongondow. Diketahui Tari Kabela adalah tari penjemputan tamu, yang berasal dari Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Indonesia. Tari Kabela digelar untuk menyambut tamu yang dekat maupun jauh. Dalam bahasa Bolaang Mongondow, Kabela disebut boyo-boyo yang artinya tempat sirih pinang.
Setelah itu menampilkan Masamper, khas Nusa Utara. Di tengah pelaksanaan paripurna, tari Maengket tampil di hadapan undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.