Palandung Jadi Inspektur Upacara Peringati Hari Pahlawan Ke-76

oleh
Wakil Bupati Sitaro Jhon Palandung bertindak sebagai inspektur upacara.

ONDONG – Memperingati Hari Pahlawan ke-76, Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar upacara bendera, Rabu (10/11/2021) pukul 08.00 Wita di halaman kantor bupati di Ondong Kecamatan Siau Barat. Mengantikan Bupati Sitaro Evangelian Sasingen Wakil Bupati Sitaro Jhon Palandung bertindak sebagai inspektur upacara. Meskipun rintik hujan tidak menyurutkan pelaksanaan upacara yang bendera yang diselenggarakan terbatas karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Upacara bendera berlangsung semarak dan khidmat. Dalam sambutannya, Palandung mengatakan, momentum Hari Pahlawan dapat dijadikan cermin atau refleksi tentang pengorbanan para pahlawan yang rela berkorban demi tujuan mulia mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, adil dan sejahtera. “Kemerdekaan bukan hadiah yang diberikan oleh penjajah. Namun, melalui perjuangan sampai titik darah penghabisan,” kata Palandung di hadapan para peserta upacara.

Lanjut Wakil Bupati, mengungkapkan, keteladanan dan keteguhan para pahlawan untuk menggapai harapan masa depan dengan bersatu berjuang dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera tidaklah diperoleh dengan mudah tapi melalui pengorbanan. “Sehingga nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang di makan oleh waktu,” ucapnya lagi.

Lebih jauh, Palandung menuturkan, semangat persatuan menjadikan perbedaan sebagai suatu kesatuan solid melawan penjajah. Para pahlawan gagah berani melawan penjajah dengan keyakinan yang tinggi berbalut semangat merdeka atau mati. “Sekali merdeka tetap merdeka,” pungkasnya.

Ketua DPRD Sitaro Djohn Janis, menambahkan, momentum Hari Pahlawan ini dapat digali nilai kepahlawan agar dapat diimplementasikan dari generasi ke generasi sepanjang masa. “Tujuannya adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk kedalaman sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan,” tegasnya seusai mengikuti upacara bendera.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Asisten I Sekkab Sitaro Herry Lano bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Sitaro, Kapolres Sitaro AKBP Hansjen Ratag, Perwira Penghubung Sitaro Mayor Inf Marfrets Takumansang, Danposal Letda Laut (P) Supratman, para camat dan sejumlah ASN. (Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.