Evaluasi Penanggulangan Bencana Manado, Warga Langganan Banjir Pindah di Relokasi Pandu

oleh -54 Dilihat
Pemkot Manado menggelar rapat evaluasi penanggulangan bencana yang dipimpin Wali Kota Andrei Angouw, Wawali dr. Richard Sualang dan Sekkot Dr. Micler Lakat.

MANADO, Manadonet.com – Pemkot Manado akan melakukan perbaikan infrastruktur di perumahan relokasi Pandu untuk ditempati warga langganan banjir.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Andrei Angouw saat memimpin rapat evaluasi penanggulangan bencana Manado di Kantor Wali Kota, Senin (30/1/2023).

“Kita konsentrasi relokasi perumahan di Pandu yang selama ini sudah tersedia daripada pengadaan perumahan yang baru,” ujar Andrei Angouw.

Bagi wali kota, kondisi relokasi perumahan Pandu ini yang diperbaiki infrastrukturnya seperti pengaspalan jalan pemukiman, perbaikan saluran air termasuk rumah-rumah yang akan diperbaiki dan lain-lain.

Pemkot juga akan meningkatkan status relokasi Pandu ini menjadi satu Kelurahan dengan langkah awal membentuk dua Lingkungan di relokasi ini.

“Lokasi awal atau tempat tinggal awal tidak bisa lagi ditinggali. Artinya harus ada pengawasan ketat agar mereka tidak kembali ketempat asal ini seperti di Mahawu. Hal ini sebab dilokasi Mahawu ini akan ada pembuatan tanggul dan pelebaran sungai untuk meminimalisir ancaman banjir ke warga kota Manado,” ungkap wali kota didampingi Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang.

Kepada jajarannya, wali kota menjelaskan beberapa informasi yang disampaikan Kepala BNPB saat berkunjung ke Sulut dan Kota Manado.

Seperti soal tanggap darurat apakah perlu diperpanjang atau tidak termasuk penempatan transisi darurat 1-3 bulan, asalkan Pemkot menyiapkan administrasi seperti surat keputusan tanggap darurat.

Dalam rapat evaluasi ini juga dikemukakan kondisi Kota Manado yang terdampak banjir. Yakni wilayah yang terdampak saat bencana adalah kurang lebih 800-an hektare jika dibandingkan bencana tahun 2014 yang mencapai sekira 2000 hektar yang terdampak.

Hadir dalam rapat evaluasi ini Sekretaris Kota Dr. Micler C.S. Lakat, Asisten I Heri Saptono, Asisten II Atto Bulo, Kadis Infokom Erwin Kontu, Kadis PUPR Johnny Suwu, Kadis Perkim Peter Eman, Kadis DLH Franky Porawouw S.H, Kadishub Jeffry Worang dan Kaban BPBD Kota Manado Donald Sambuaga serta para camat. (get)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.