Wali Kota Canangkan Program Gemapatas, Kepala BPN Manado: Kuota PTSL 2023 Sebanyak 800 Sertifikat Tanah Gratis

oleh -22 Dilihat
Kepala ATR/BPN Manado Alexander Wowiling menyerahkan patok secara simbolis kepada Lurah Paniki Bawah Jeril Tumiwa disaksikan Wali Kota Andrei Angouw, Sekkot Dr. Micler Lakat dan Kabag Tata Pemerintahan Sonny Takumansang.

MANADO, Manadonet.com — Kabar gembira bagi warga Kota Manado terutama yang berdomisili di Kecamatan Mapanget, Bunaken dan Tuminting.

Pasalnya, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Kantor ATR/BPN Manado menyasar sejumlah kelurahan di tiga kecamatan tersebut.

Kepala ATR/BPN Manado Alexander Wowiling mengungkapkan, kuota PTSL 2023 sebanyak 800 sertifikat bidang tanah.

“Tahun lalu hanya 50 dan sekarang 800. Kita harus kerja keras untuk mencapai target ini dan dibutuhkan kerja sama dari pemerintah dan masyarakat,” ujar Alexander Wowiling.

Dia menjelaskan, bagi warga yang ingin terakomodir PTSL, wajib menghubungi pemerintah kelurahan setempat.

“Program ini tidak dipungut biaya alias gratis. Ayo bagi warga yang memiliki tanah di Kelurahan Bengkol, Buha, Kairagi Dua, Paniki Bawah, Kima Atas dan Mapanget Barat, Molas, Tongkaina, Meras dan Bailang serta Sumompo untuk segera daftar,” ajak Wowiling dalam penyuluhan PTSL di Kantor Camat Mapanget, Jumat (3/2/2023).

Usai canangkan program Gemapatas, Wali Kota Andrei Angouw didampingi Kepala BPN Manado Alexander Wowiling dan Sekkot Dr. Micler Lakat terlibat dalam pemecahan rekor MURI penanaman patok di Kelurahan Paniki Bawah.

Sementara itu, Wali Kota Manado Andrei Angouw yang turut hadir dalam Pencanangan Kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) sangat mengapresiasi program ATR/BPN ini.

“Saya harap, jajaran Pemkot Manado dan Kantor BPN Manado dapat bekerja dengan baik dan melalui Gemapatas serta PTSL, tanah di Kota Manado bisa teratur dan jelas agar dapat menciptakan investasi,” ungkap Andrei Angouw didampingi Sekretaris Kota Dr. Micler Lakat.

Lanjut dia, program ini dapat membantu Pemerintah Kota Manado untuk menggenjot PAD dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Wali Kota Andrei Angouw bersama Kepala BPN Manado Alexander Wowiling, Sekkot Dr. Micler Lakat, Kepala Bagian Tata Pemerintah Sonny Takumansang, Camat Mapanget Robert Dauhan, Lurah Paniki Bawah Jeril Tumiwa turut serta dalam penanaman patok serentak se-Indonesia yang memecahkan rekor MURI. (get)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.