Hadiri HLM TPID dan TP2DD Kota Manado 2023, Kepala Perwakilan BI Sulut: Pengendalian Inflasi Butuh Sinergi dengan Pemda

oleh -54 Dilihat
Foto bersama peserta High Level Meeting TPID dan TP2DD Kota Manado 2023 di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Rabu (8/3/2023).

MANADO, Manadonet.com – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Andry Prasmuko menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (T2DD) Kota Manado 2023, di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Wali Kota Manado Andrei Angouw.

Dalam sambutannya, wali kota mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) memiliki peran penting menjaga kestabilan harga di daerah.
“Kestabilan harga ini menjadi tugas kita bersama. Pengendalian inflasi itu bukan cuma tugas dari Bank Indonesia (BI), Dinas Perdagangan, tapi ini adalah tugas kita bersama,” tegas wali kota.

Dia berharap, melalui HLM ini seluruh jajaran Pemkot Manado untuk fokus, sehingga di tahun 2023 inflasi dapat terkendali.

“Inflasi kita harus lebih rendah dari nasional untuk mensejahterakan masyarakat. Di tingkat nasional maupun dunia, inflasi kita termasuk paling rendah. Kalau inflasi kita seperti ini, terendah dari dunia tentunya kurs rupiah kita akan bagus dan kuat,” papar Andrei Angouw.

Dia menambahkan, peran digitalisasi dalam pelayanan juga sangat penting untuk menekan inflasi.

Kepala Perwakilan BI Sulut, Andry Prasmuko bersama Sekkot Manado Dr. Micler Lakat saat memimpin HLM TPID dan TP2DD Kota Manado 2023.

“Semua harus digital, yang tidak beradaptasi akan punah termasuk kita. Saya berharap semua segera digitalisasi. Karena dengan digitalisasi kita dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien,kalau kita bisa bekerja lebih efektif dan efisien kita bisa menekani inflasi,” pungkas wali kota didampingi Sekretaris Kota (Sekkot) Manado, Dr. Micler Lakat.

Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Sulut, Andry Prasmuko mengatakan untuk pengendalian inflasi pihaknya selalu bersinergi dengan pemda dan perbankan.

“Tujuannya kami mendorong serta memfasilitasi supaya kita bersama-sama mendukung program dari pemerintah dalam hal ini gerakan pengendalian inflasi,” kata Andry.

Dia mengungkapkan, dalam pengendalian inflasi tersebut pihaknya selalu berkoordinasi baik dengan pemda se-Sulut.

“Kami berdiskusi mencari solusi dari berbagai permasalahan terutama dalam rangka pengendalian harga-harga terutama harga pangan. Dan berharap program pengendalian inflasi ini jalan dan tidak jalan hanya dilakukan pemda tetapi seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulut Fernando Butarbutar serta sejumlah pejabat eselon II Pemkot Manado. (get)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.