Dipimpin Wawali Wenny Lumentut Rakor Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Kota Tomohon

oleh
Dipimpin Wawali Wenny Lumentut Rakor Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Kota Tomohon. (ist)

TOMOHON, Manadonet.com- Dipimpin Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut rapat koordinasi Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Pemerintah Tomohon Periode bulan 1 Januari – 22 November Tahun Anggaran 2021, di Rumah Dinas Walikota, selasa (23/11/2021).

Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut menegaskan beberapa hal kepada Perangkat Daerah kaitan atas pencapaian realisasi anggaran. Dengan melihat hari kerja efektif kita kurang lebih 22 hari, agar semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus dapat melaksanakan pengendalian internal atas pengelolaan keuangan dan seluruh kegiatan di lingkup OPD-nya sehingga seluruh kegiatan yang telah dianggarkan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu dengan kualitas hasil yang memuaskan.

“Selain itu meningkatkan akselerasi belanja dengan melakukan terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan realisasi,” ujar Wenny Lumentut mewakili Wali Kota Tomohon Caroll Senduk.

Menurut Wenny Lumentut, disamping itu mengidentifikasi pos-pos belanja (belanja operasi dan belanja modal) yang realisasinya rendah agar segera melakukan langkah-langkah konkrit, memperhatikan Surat Edaran Walikota tentang jadwal menghadapi akhir tahun anggaran 2021.

“Guna evaluasi pelaksanaan seluruh kegiatan termasuk kecamatan berkewajiban untuk mengentry data realisasi kegiatan kedalam aplikasi TEPRA pusat dan menyampaikan soft copy laporan bulanan selambat-lambatnya tanggal 10 bulan berikutnya melalui bagian administrasi pembangunan, sehingga dapat mewujudkan Tomohon hebat, maju, berdaya saing dan sejahtera,” harap dia.

Sebelumnya, Ketua Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) juga sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Gerardus Mogi didampingi Sekretaris TEPRA Harny Korompis sebagai Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Tomohon menjelaskan bahwa salah satu bentuk pengawasan keuangan daerah meliputi evaluasi atas pelaksanaan APBD termasuk penyerapannya oleh TEPRA.

Menurut Gerardus Mogi, percepatan penyerapan menjadi salah satu fokus pemerintah untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan pemerintahan yang baik dimana diantaranya ada pelaksanaan pemerintahan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab.

“Serta untuk lebih memantapkan pelaksanaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai tujuan pemerintahan,”  beber dia.

Hadir mendampingi Wakil Walikota, Asisten Umum Setda Kota Tomohon Drs O D S Mandagi. Peserta kegiatan, dari unsur OPD Kota Tomohon. (valentino warouw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.