ARFF Sam Ratulangi Kedatangan Pemadam Utama Foam Tender Type I Oshkosh Global Striker 6×6

oleh
ARFF Sam Ratulangi Kedatangan Pemadam Utama Foam Tender Type I Oshkosh Global Striker 6x6. (ist)

MANADO, Manadonet.com- Kendaraan pemadam utama Foam Tender Tipe I Oshkosh Global Striker 6×6 dengan kapasitas bahan pemadam air 12.500 liter, foam 1.750 liter dan dry chemical powder 500 kg datang di Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Armada baru ARFF ini mampu membawa Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado untuk siap naik kategori sebagai bandara dengan fasilitas Penyelamatan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) pada kategori 8 di tahun 2022 mendatang dan siap untuk melayani pesawat berbadan lebar (wide body) yakni  Airbus 330-300.

“Sekarang bandara kita untuk fasilitas PKP-PK ada di kategori 7. Dengan kedatangan armada baru ini, mudah-mudahan awal tahun depan kita akan naik ke kategori 8 dan nantinya bisa melayani Airbus 330-300,” ujar selaku General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai.

Lanjut dia, sudah ada dua maskapai yang berminat untuk masuk dengan A330-300 ke Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Upaya menaikkan kategori PKP-PK ini, sejalan dengan keinginan pemerintah daerah untuk menumbuhkan sektor pariwisata dan perdagangan di Sulawesi Utara.

“Agar jangkauan dapat menjadi lebih luas serta dapat menyasar pasar internasional serta tentunya diharapkan dapat turut mendongkrak jumlah penumpang dan kargo yang melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado,” terang dia.

Lanjut dia, sejauh ini dua maskapai yang telah menyampaikan minatnya masuk dengan pesawat berbadan lebar yakni Garuda Indonesia dengan tujuan Narita Jepang dan Lion Air dengan rute ke Tiongkok yang akan digunakan untuk penerbangan kargo.

“Harapannya penerbangan rute Tiongkok itu juga bisa dibuka untuk penumpang atau wisatawan dan kedepan untuk wisatawan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia atau berencana untuk ke Bali, mungkin bisa masuk dahulu di Manado, utamanya wisatawan dari daratan Asia Timur seperti Hongkong, Jepang, Tiongkok. Semua yang mau menuju ke Bali maupun Jakarta kita harapkan bisa masuk ke Manado dahulu, kemudian dilanjutkan dengan penerbangan domestic,” kata dia.

Adapun kendaraan pemadam kebakaran ini memiliki dimensi dengan Panjang 12.06 meter, Lebar 3.05 meter dan Tinggi 3.50 meter dengan kemampuan Pancaran Roof Turret 7.500 lt/menit, jangkauan Pancaran Roof Turret 80 meter, top Speed 120 Km/jam, dan akselerasi 0 – 80 km/jam min 35 detik. Kendaraan ini juga dilengkapi FLIR Camera dan Display FLIR yang berfungsi mengetahui pusat temperatur panas di balik media yang tertutup. (Firdaus Syam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.