Seminar Nasional IBI Ranting Polkesdo: Interpersonal Education and Collaboration Tingkatkan Kerjasama

oleh
Seminar Nasional IBI Ranting Polkesdo

MANADONET- IBI ranting Polkesdo gelar Seminar Nasional dengan tema Interpersonal Education dan Collaboration (IPE/IPC) pada layanan kesehatan Ibu dan anak dalam mewujudkan generasi unggul maju Indonesia Maju.

Seminar Nasional IBI ranting Polkesdo melalui via Zoom, 27 Agustus 2022. Sebagai moderator Amelia Densu, SST, M.KES yang adalah Dosen Jurusan Kebidanan Polkesdo, welcome speech oleh Masye Tokalese SST, MARS yakni Ketua IBI Cabang Kota Manado.

Ketua IBI Cabang Kota Manado Masye Tokalese mengatakan, dewasa ini, berkolaborasi untuk mencapai tujuan merupakan tuntutan zaman yang tidak bisa ditawar. Selain efektif, kolaborasi terutama lebih fokus pada masalah tertentu yang ditelisikan dari berbagai disiplin ilmu.

“Kolaborasi interprofesional diharapkan mampu memberikan peningkatan kompetensi, sikap dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja sama secara efektif,” kata dia.

Menurut dia, pelayanan kesehatan di Indonesia misalnya, selama ini masih dilakukan oleh profesi tunggal, sudah waktunya dilakukan dengan menggunakan praktek kolaborasi sebagaimana yang direkomendasikan oleh WHO

“Interpersonal Education and Collaboration yang menjadi topik seminar ini adalah sebuah inovasi yang sedang dieksplorasi dalam dunia pendidikan profesi kesehatan, dimana dua atau lebih profesi belajar dengan dari dan tentang suatu sama lain untuk meningkatkan kerjasama dan hasil kesehatan,” ujar dia.

Lanjut dia, Tujuan utama program ini adalah terjadinya kerjasama tim yang saling melengkapi antara satu profesi dengan profesi lain, yang diharapkan dapat menutup lubang permasalahan pasien sekaligus mengefektifkan kolaborasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan

“Seminar ini merupakan program bersama IBI Cabang Kota Manado dan IBU Ranting Poltekkes Manado yang saat ini panitia pelaksanaannya adalah IBU Ranting Poltekkes Manado. Peserta seminar ini selain dari Manado juga dari beberapa Provinsi bahkan dari luar negeri,” kata dia.

Sebagai narasumber yakni Waka I STIKES Estu Utomo Boyolali, DR Yanti STT, M.KEB, wadir I bidang akademik Polkesdo, Elisabeth M. F. Lalita, SKM, M.KES, dan Kaprodi Pendidikan Profesi Bidan Universitas Muhammadiyah Manado. (valentino)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.