Pimpin Apel Peringatan HKB, Sekkot Dr. Micler Tegaskan Pemkot Siap Siaga Hadapi Bencana

oleh -673 Dilihat
Sekkot Dr. Micler Lakat memimpin apel peringatan HKB di God Bless Park, Rabu (29/5/2024).

MANADONET.COM – Sekretaris Kota (Sekkot) Dr. Micler Lakat mewakili Wali Kota Andrei Angouw menjadi pembina apel saat peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2024 di God Bless Park, Rabu (29/05/24).

Dalam arahannya, Sekkot Dr. Micler mengatakan HKB merupakan sebuah peringatan sebagai upaya menyiapkan kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana. “Masyarakat perlu ditumbuhkan kesadaran akan pengenalan resiko atau ancaman yang ada disekitarnya dan pembudayan tentang pengurangan risiko bencana,” terang Lakat.

Sekkot Dr. Micler Lakat mengecek kesiapan pasukan sebelum apel dimulai.

Dijelaskan Sekda Lakat, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2007 ketika Indonesia dilanda dengan bencana tsunami yang ada di Aceh. “Kegiatan ini sebenarnya akan dilaksanakan pada bulan yang lalu, tapi dengan adanya erupsi Gunung Ruang yang ada di Siitaro maka dilaksanakan pada hari ini di bulan Mei 2024. Untuk hari HKB tepatnya jatuh di tanggal 26 April setiap tahun,” ujar Lakat.

Lakat juga menyampaikan puji syukur Gunung Ruang saat ini levelnya sudah turun dari level 4,3,2 dan 1.
Tentunya terkait dengan hal-hal hal kesiapsiagaan, sinergitas antar instansi yang ada di Pemkot Manado hatus terus terjalin dengan baik.

Tampak sejumlah pejabat Pemkot Manado dan perwakilan Polresta Manado di apel Peringatan HKB 2024.

Karena banyak peristiwa yang terjadi walaupun Early warning sudah keluar dan berbunyi. BMKG sudah mengungkapkannya tetapi apabila tidak siap pasti akan menimbulkan banyak korban jiwa.

“Apresiasi juga buat TNI/POLRI, BASARNAS, BPBD, DAMKAR, POL PP, Dinas Perhubungan, Perkim, PUPR, Pemerintah Kecamatan Sario, RAPI yang sudah mengambil bagian dalam kegiatan ini,” tandasnya. Usai menyampaikan sambutan Sekkot Micler Lakat melakukan pemeriksaan pasukan dilanjutkan dengan simulasi cara menangani korban saat terjadi bencana alam gunung meletus. (kit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.