Ribuan Lampu Jalan Merkuri Diganti LED, PJU Manado Dimeterisasi

oleh -73 Dilihat
Kepala Dinas Perkim Manado, Peter Eman.

MANADO, Manadonet.com — Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Manado menggenjot perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Kepala Dinas Perkim Manado, Peter Eman mengungkapkan, saat ini ada tiga fokus yang dilakukan untuk membuat jalanan Kota Manado terang benderang.

“Pertama, kita sedang melakukan pergantian lampu merkuri yang menyala dengan LED. Kedua, mencabut sementara PJU lampu merkuri yang sudah mati atau tidak berfungsi serta dalam waktu dekat PJU akan dimeterisasi untuk efisiensi pemakaian,” ujar Eman.

Dia mengungkapkan, saat ini ada sekira 15.000 PJU yang terpasang di ruas jalan protokol maupun kawasan pemukiman. Namun, hanya 50 persen PJU yang masih menyala dan berfungsi optimal.

“Bekerja sama dengan PLN, ada 3.200 PJU rusak sudah dicabut agar tidak membebani pembiayaan. Namun, ke depan secara bertahap akan dipasang kembali untuk kenyamanan masyarakat di malam hari,” ungkapnya.

Lanjut dia, sejak Februari, Dinas Perkim melakukan penggantian lampu merkuri menyala dengan LED. Sudah ada sekira 1.600 lampu jalan yang diganti dengan LED.

“Ini dilakukan sebagai bentuk penghematan karena LED memiliki watt lebih rendah dengan kualitas penerangan yang sama baik. Selain itu, untuk efisiensi pemakaian, semua PJU akan dimeterisasi. Agar nantinya apa yang dipakai untuk yang kita bayar,” pungkas Eman, sembari mengimbau warga bersabar karena perbaikan PJU dilakukan secara bertahap. (rds/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.