Besok, Pemkot Manado Launching Pemberian Vitamin A dan PMT Stunting untuk Balita

oleh -54 Dilihat
Ketua IBI Manado, Masye Tokalese mengapresiasi perhatian Pemkot Manado untuk tumbuh kembang anak dengan pemberian vitamin dan makanan tambahan. (ist)

MANADO, Manadonet.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan melaunching pemberian Vitamin A dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Stunting di Puskesmas Bahu, Kamis 16 Februari 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Manado dr. Steaven Dandel melalui Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masye Tokalese SST MARS mengatakan, nantinya pemberian Vitamin A dan PMT Stunting akan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat Kota Manado.

“Vitamin A akan memberikan manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare, membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap, mencegah kelainan pada sel – sel epitel termasuk selaput lender mata, mencegah terjadinya proses metaplasi sel – sel epitel sehingga kelenjar tidak memproduksi cairan yang dapat menyebabkan kekeringan mata, mencegah terjadinya kerusakan mata hingga kebutaan,” kata Masye Tokalese, Rabu (15/2/2023).

“Vitamin A esensial untuk membantu proses pertumbuhan, perkembangan tulang, pertumbuhan gigi, pencegahan kanker, terutama kulit, tenggorokan, paru paru dan payudara serta kantung kemih,” sambungnya.

Lanjut Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Manado, PMT Stunting untuk memperbaiki keadaan gizi pada anak golongan rawan gizi yang menderita kurang gizi, dan diberikan dengan kriteria anak balita yang tiga kali berturut-turut tidak naik timbangannya serta yang berat badannya pada KMS terletak di bawah garis merah.

“Pemberian makanan tambahan juga memiliki tujuan untuk menambah energi dan zat gizi esensial. Sedangkan tujuan pemberian makanan tambahan (PMT) pemulihan pada bayi dan balita gizi buruk, antara untuk memberikan makanan tinggi energi, tinggi protein, dan cukup vitamin mineral secara bertahap, guna mencapai status gizi yang optimal,” terang Masye.

Ditambahkannya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya Vitamin A bagi bayi dan balita akan berpengaruh pula pada tingkat kedatangan masyarakat ke Posyandu.

“Kita semua berharap agar seluruh balita memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik dengan memperoleh asupan gizi yang cukup mulai dari dalam kandungan hingga balita,” pungkas Masye Tokalese. (get)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.