Ranperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Begini Kata Sekretaris Pansus Henry Walukow

oleh -71 Dilihat
oleh
Sekretaris Pansus Henry Walukow. (Istimewa)

MANADONET- Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), Senin, 20 Februari 2023

Sekretaris Pansus Henry Walukow mengharapkan Ranperda PPLH bisa memiliki manfaat nyata bagi lingkungan dan masyarakat.

“Ini penting sekali, kalau ada aturan yakni peraturan daerah, manfaatnya harus jelas dan nyata bagi masyarakat dan lingkungan,” kata Walukow.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sulut itu menyebut, ranperda yang terdiri dari 15 pasal ini harus diseriusi dan dibahas secara komprehensif. “Bisa jadi ada tambahan pasal dan lainnya,” ujar dia.

Dia mencontohkan manfaat ranperda ini bagi pertambangan. Walukow menilai ke depan dengan adanya perda terkait lingkungan, masyarakat yang mengelola sumber daya alam mendapat berbagai manfaat.

“Dengan adanya ranperda ini fungsi eksistensi masyarakat bisa terjamin, artinya mereka beraktivitas mengelola sumber daya alam dalam kemudahan pemberian izin. Fasilitasi dari pemerintah supaya terarah. Kalau tidak diarahkan akan merusak lingkungan,” kata legislator dapil Minut-Bitung ini.

Selain itu, soal Ruang Terbuka Hijau (RTH), dia menilai sebagian pengembang perumahan tak mampu siapkan RTH.

“Karena mungkin lahan sudah mahal, ini harus menjadi perhatian serius dan harus diatur dalam perda supaya ada payung hukum,” tegas dia.

Jangan hanya mengembang usaha dan mengembang pemukiman tapi tidak siapkan RTH yang nantinya akan menjamin keberadaan lingkungan sepanjang 30 tahun depan.

“Ini yang kita lihat tidak masuk di materi. Harusnya dimasukkan,” kata dia. (VIEW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.