Husein Tuahuns Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPRD Sulawesi Utara

oleh -66 Dilihat
oleh

MANADONET.COM- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  Husein Tuahuns  resmi dilantik sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut), Rabu, 27 Maret 2024.

Pelantikan Anggota DPRD Sulut  Husein Tuahuns berlangsung melalui Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, sekaligus melantik.


Anggota DPRD Sulut  Husein Tuahuns menggantikan Alm. Herry Rotinsulu daerah pemilihan Minahasa Utara – Kota Bitung.

Pelaksanaan rapat tersebut berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD Sulut.

Ketua DPRD Sulut Andi Silangen menjelaskan bahwa Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Sulut  Husein Tuahuns telah berjalan sesuai dengan prosedur.

Dan sesuai pasal 143 ayat 3, pasal 144 ayat 6 Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dan pasal 114 ayat 1 peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018

Tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota, serta pasal 118 ayat 2 dan pasal 120 ayat 1 peraturan DPRD Povinsi Sulut nomor 1 tahun 2021 tentang tata tertib DPRD.

“Segala proses yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku,” kata dia.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey diwakili oleh Sekretaris Provinsi Sulut Steve Kepel mengucapkan selamat kepada Bapak Husein Tuahuns atas dilantiknya menjadi anggota DPRD Sulut.

“Sekiranya bisa menjadi penyambung aspirasi bagi masyarakat Sulawesi Utara terutama dari Dapil yang diwakili.” ujar Kepel.

Lanjut dia, anggota dewan yang baru dilantik dapat menjalin sinergitas positif dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dalam pelaksanaan program dan kegiatan, di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah.

Sehingga harmonisasi antara DPRD dan Pemerintah Daerah terus terjaga, untuk kita dapat mewujudkan Sulawesi Utara yang semakin maju dan sejahtera.

Sebelum pengangkatan sumpah dan janji, Sekretaris DPRD Sulut Ir Sandra Moniaga membacakan Surat Keputusan menteri dalam dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Setelah pengambilan Sumpah dan Janji, Ketua DPRD Fransiscus Silangen menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Sulut yang telah hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Dalam kesempatan ini, ketua DPRD berharap agar Husein Tuahuns dapat menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD Sulut dengan baik

Husen Tuahuns merupakan tokoh muslim dan tokoh masyarakat Minahasa Utara yang juga pernah duduk sebagai anggota DPRD Minahasa Utara

Semoga dengan kehadiran beliau, DPRD Sulut dapat semakin produktif dan efektif dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Semoga kerjasama yang solid dan kompak tetap terjaga demi kepentingan bersama.

Anggota DPRD Sulut Husein Tuahuns menyampaikan, akan melakukan penyesuaian dengan apa yang sudah dilakukan oleh fraksi maupun para anggota DPRD.
“Waktu yang ada akan saya lakukan untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Saya punya prinsip tekadku adalah pengabdian terbaik,” ujar dia

Lanjut dia, saat ini akan duduk di Komisi II, konsen pertama adalah persoalan intervensi pasar pemerintah. Karena walau bagaimana pun, masyarakat lagi susah, jadi kepekaan anggota dewan harus sense of crisis yang harus tercipta dalam waktu dekat ini.

“Karena sedikit waktu, tapi kita harus maksimal. Namun, langka-langkah politik yang diambil harus beretika,“ terang dia.

Dia menjelaskan, metode staf khusus dan anggota DPRD berbeda.  Kemarin sebagai staf khusus Gubernur, mengikuti ritme pak Gubernur.

“Tetapi, saat ini saya sebagai anggota DPRD Sulut, saya punya politik khusus. Melayani masyarakat, memperjuangkan kepentingan masyarakat,” jelas dia.

Turut hadir dalam Paripurna DPRD Sulut, Sekprov Steve Kepel, Vonny Paat, Sandra Rondonuwu, Arthur Kotambunan, Boy Tumiwa, Berty Kapojos, dan Rhessa Waworuntu. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.