Antisipasi Kasus DBD, Sasingen Ajak Jaga Kebersihan

oleh
Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen. (ist)

ONDONG-  Kondisi penghujan sepekan terakhir ini mendapat perhatian serius Bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen. Pasalnya, kondisi penghujan bisa memicu timbul serangan penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD).

Sasingen, mengatakan, untuk mengantisipasi serangan DBD, warga diminta tetap menjaga kebersihan lingkungan. “Masa pandemi ini bukan hanya virus Korona (Covid-19) yang kita waspadai, namun kasus DBD juga patut kita waspadai bersama,” kata dia, Kamis (11/10/2021) di Ondong.

Menurut Sasingen, cara antisipasi melakukan fogging bukan solusi yang aman bagi warga. “Walaupun dilakukan fogging tidak bisa menjamin kalau penyebaran DBD dapat teratasi. Di sisi lain, pengasapan mempunyai efek buruk bagi warga. Cara yang paling efektik dan efisien adalah dengan melakukan program 3 M yaitu membersihkan atau menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampung air dan mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya nyamuk,” urainya.

Sasingen menambahkan, melalui Puskesmas pemerintah juga membagikan bubuk abate. Bubuk ini akan ditaburkan pada sumur warga untuk menekan perkembangan jentik nyamuk. Sebab, warga banyak menggunakan sumur sebagai penampung air bersih. “Mari kita tetap sama-sama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari kasus DBD,” pungkasnya.(jackmar tamahari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.