Undang Puluhan Kepsek SMA/SMK, Polimdo Hadirkan Narasumber Nasional Dalam Sosialisasi SNPMB 2024/2025

oleh -637 Dilihat

Manadonet.com – Sebagai suatu rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun akademik 2024/2025, maka pihak Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar Sosialisasi SNPMB yang dilaksanakan pada Selasa (20/2/2024) pagi di Gedung Theater Polimdo.

Bertindak sebagai Ketua Panitia SNPMB Tahun 2024 Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Stevie Kaligis, SE, MM, Ak, CA, melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Panitia yang di pimpinnya di awal kegiatan.

“Dalam sosialisasi kami ini memakai narasumber Bapak Bekti Cahyo, S.Si, M.Kom, selaku Sekretaris Eksekutif Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, dan
mengundang 50-70 Sekolah SMA dan SMK di wilayah sekitaran Kota Manado”, ucap Kaligis membuka laporannya.

Lebih lanjut Kaligis pun mengutarakan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi SNPMB Polimdo kepada para undangan yang hadir.

“Kami berharap goal atau tujuan dari sosialisasi ini kiranya bisa mengenal lebih dekat prosedur masuk Polimdo lewat beberapa jalur dan saat ini jalur SNPMB sudah ada tahapan yang sementara berproses”, ungkap Kaligis.

Sesudah laporan kegiatan dari Stevie Kaligis, kegiatan pun dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh Dr. Tinneke Saroinsong, S.ST, M.Eng, selaku Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Manado (Polimdo), sembari berharap agar para Kepala Sekolah (Kepsek) yang hadir boleh membantu pihaknya kepada para siswa-siswa di sekolah masing-masing.

“Kami berharap seluruh Kepala Sekolah yang hadir membantu kami menyampaikan hal-hal ini dalam penerimaan mahasiswa baru di Polimdo kepada adik-adik siswa yang akan masuk ke Polimdo, tentunya berbagai keunggulan-keunggulan Polimdo tadi sudah ditampilkan profil dalam sebuah video dan kami harapkan adik-adik calon mahasiswa baru boleh memilih Polimdo”, ujar Saroinsong, saat membuka kegiatan Sosialisasi SNPMB Polimdo tersebut.

Selanjutnya saat pembawaan materi dari Bekti Cahyo, S.Si, M.Kom, selaku narasumber menjelaskan jalur-jalur dari SNPMB tahun akademik 2024/2025 saat ini.

“Perlu kami garis bawahi ada tiga jalur untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur Mandiri”, ujarnya.

Lebih lanjut Bekti Cahyo pun menguraikan ketiga jalur tersebut.

“SNBP dinilai berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditentukan oleh PTN dan biaya ditanggung pemerintah kuotanya minimal 20%, kemudian SNBT berdasarkan hasil UTBK (ujian tes berbasis komputer) saja, dan kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN, pelaksanaan tes menggunakan komputer, biaya ditanggung peserta dan subsidi pemerintah, kuotanya minimal 30%, dan jalur Mandiri dimana jalur ini bisa menggunakan nilai UTBK, dan kuota maksimal 50%”, urai Bekti Cahyo.

Sekretaris Eksekutif Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) ini pun menyampaikan tentang ketentuan tambahan yang perlu diketahui oleh para pihak sekolah yang terundang dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

“Ada ketentuan tambahan yang perlu kami sampaikan dimana yang pertama, siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2022, tidak dapat mendaftar SNBT 2024, kemudian selanjutnya siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri mana pun”, pungkas Bekti.(CL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.