Jokowi-AHY Siapkan Kendaraan untuk E2L di Pilkada Sulut, Gibran Usulkan HJP di Posisi Cawagub

oleh -99 Dilihat
Pasangan calon E2L-HJP dikabarkan telah mendapat restu dari Presiden Jokowi dan Ketum Demokrat AHY untuk bertarung di Pilgub Sulut 2024.

MANADONET.COM – dr. Elly Engelbert Lasut (E2L) dipastikan bertarung di Pemilihan Gubernur Sulut (Pilgub) Sulut 2024. Usai mengantongi dukungan sembilan kursi DPRD Sulut sebagai syarat maju di Pilgub Sulut.

Saat ini, E2L telah menyegel SK Partai Demokrat dengan enam kursi dan PKB, PKS serta PSI masing-masing satu kursi.

Menariknya, keberhasilan E2L mendapat rekomendasi dari empat partai sehingga dipastikan berlaga di pilkada, tak lepas dari andil Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Informasi yang diperoleh media ini, sebuah peristiwa politik luar biasa tercipta dari pertemuan Joko Widodo (Presiden RI) dengan Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono beberapa waktu lalu yang menentukan konstelasi politik di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Sulawesi Utara.

Pertemuan tersebut menghasilkan diskusi untuk memajukan Elly E. Lasut (E2L) dalam Pilgub Sulut. Bahkan, Presiden Jokowi tak segan memberi pujian kepada E2L yang adalah Ketua DPD Demokrat Sulut.

“Lasut itu bagus. Dia dan putrinya Hillary B. Lasut (HBL) telah berjuang keras dan memiliki kualifikasi sebagai pemimpin. Di mana Sulut menjadi daerah dengan persentase kemenangan tertinggi di Indonesia,” ujar AHY menirukan pujian Jokowi.

Atas dasar sinyal tersebut, Ketua Umum Demokrat itu bergerilya ke PSI. Gayung bersambut dengan SK dari PSI yang langsung diberikan oleh Kaesang Pangarep beberapa hari kemudian.

Dalam pemberian SK kepada E2L, Kaesang menyampaikan pesan hangat dari Jokowi dan menyatakan bahwa PSI akan melobi Gerindra dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menyokong Elly E. Lasut. Termasuk rencana pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto demi mematangkan koalisi.

Mengingat Jokowi sampai hari ini masih pemimpin koalisi. Keluarga Jokowi sendiri begitu terkesan dengan perjuangan keluarga Lasut selama ini. Ini dibuktikan dengan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang ikut melakukan komunikasi ke berbagai pihak bersama Ketum Demokrat AHY untuk mengamankan pencalonan E2L.

Apalagi, HBL diketahui memiliki persahabatan yang sangat dekat dengan Gibran. Lobi Demokrat ini begitu gencar, termasuk lewat jubir Gibran, Emil Dardak (Ketua Demokrat Jatim) yang menandakan bahwa Sulut adalah harga mati bagi Mercy Biru.

Gerakan lincah di tingkat tinggi ini yang melibatkan dukungan orang nomor satu di Indonesia ini diakui oleh beberapa pihak sebagai bukti atensi yang luar biasa bagi E2L.

Konsolidasi tingkat tinggi ini sudah sulit dijangkau dan komitmen itu melibatkan ikatan politik di mana PSI mengusulkan nama Hanny J. Pajouw (HJP) sebagai cawagub Sulut mendampingi E2L dan masuk sebagai kader PSI.

Nama HJP tidak sembarang muncul, tapi melalui permintaan khusus dari Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka, mengingat HJP diketahui kawan seorganisasi Gibran. Gibran sendiri akan menjadi salah satu juru kampanye untuk pasangan calon E2L-HJP.

Di tempat lain, diketahui HBL beberapa kali berkunjung ke DPP PSI meminta restu, yang dibenarkan Sekretaris DPD Demokrat Sulut Billy Lombok. “Ini adalah ‘sabda langit’ di mana ‘para dewa” menyusun strategi demi memperbaiki Sulawesi Utara dan membawa kesejahteraan bagi rakyat Sulut,” kata Bilo, sapaan akrabnya.

Ia mengungkapkan, duet E2L-HJP demi mengakomodir semua pihak. Terutama Pak Jokowi, yang merupakan pemimpin yang sangat dicintai rakyat. “Presiden Jokowi berusaha memberi pasangan terbaik bagi rakyat Sulut dan kami menyambut dengan tangan hangat Mas Kaesang Pangarep, figur muda pemimpin masa depan Indonesia yang telah membuat keputusan bijaksana,” puji Bilo.

“Dengan dukungan ini, kami optimis menang telak di Pilgub Sulut,” tambah Ketua DPC Minut, Stendy S. Rondonuwu alias SSR. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.