Partai Demokrat dan Golkar Koalisi di Pilgub, CEP Minta Doa Restu Warga Sulut untuk E2L-MEP

oleh -411 Dilihat
Pertemuan di kediaman Ketum Golkar Airlangga Hartarto membahas koalisi Demokrat dan Golkar di Pilgub Sulut dengan mengusung paslon E2L-MEP. Pertemuan tersebut turut dihadiri Ketua DPD Golkar Sulut dan Sekjen Partai Demokrat, Selasa (9/7/2024).

MANADONET.COM – Sulawesi Utara (Sulut) diguncang tsunami politik. Penyebabnya, tak lain karena bersatunya dua partai politik (parpol) besar yakni Partai Demokrat dan Golkar untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut 2024.

Koalisi Partai Demokrat dan Golkar akan mengusung pasangan Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Michaela Elsiana Paruntu (MEP) sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Hal ini dibenarkan  Sekjen Demokrat Teuku Rifky Harsya usai pertemuan di Kediaman Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Selasa (9/8/2024) malam.

“Pasangan E2L dan MEP sudah mendapat restu dari Ketum Golkar Airlangga dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),” kata Sekjen.

Kabar koalisi Partai Demokrat dan Golkar di Pilgub Sulut sontak mengguncang peta perpolitikan di Bumi Nyiur Melambai. Pasalnya, Partai Demokrat dan Golkar merupakan pemenang kedua dan ketiga pemilihan legislatif 2024.

“Koalisi ini 99 persen sudah final dan akan segera dideklarasikan,” ujar Pengurus DPD Demokrat Sulut, Brillian Charles dari Demokrat dan Apler Bentian dari Golkar.

Lanjut dia, dukungan dari dua partai besar ini memberikan pasangan E2L-MEP keunggulan signifikan.

Mengingat Demokrat dan Golkar memiliki total 12 kursi di DPRD Sulut, melebihi syarat minimum 9 kursi untuk mencalonkan pasangan gubernur.

Elektabilitas E2L yang mencapai lebih dari 60 persen dalam berbagai survei, ditambah dengan dukungan MEP yang merupakan Ketua Komisi Remaja Sinode GMIM dan tokoh Golkar, semakin mengukuhkan posisi mereka sebagai kandidat terkuat.
Ketua Demokrat Minahasa Utara Stendy S. Rondonuwu menganalogikan koalisi ini adalah gempa politik yang mengubah peta persaingan Pilgub Sulut.

“Dengan bergabungnya dua poros kuat ini, pilgub kali ini hampir pasti tuntas,” tambah Rondonuwu. Koalisi ini diharapkan tidak hanya memenangkan Pilgub Sulut, tetapi juga Pilkada di kabupaten/kota se-Sulut.

Terpisah, Ketua DPD Golkar Sulut Christiany E. Paruntu (CEP) membenarkan adanya pertemuan yang membahas koalisi di kediaman Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Kami minta doa dan restu masyarakat Sulut untuk pasangan E2L-MEP yang akan diusung Partai Demokrat dan Golkar,” tulis CEP di postingan Instagram miliknya. (kit/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.