Fabian Kaloh Pimpin Pembahasan Ranperda Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Regional

oleh
Fabian Kaloh Pimpin Pembahasan Ranperda Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Regional. (ist)

MANADONET, Manado- Ketua Pansus DPRD Sulut Fabian Kaloh Pimpin Pembahasan Ranperda Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Regional, Senin, 11 Juli 2022.

Menurut Fabian Kaloh, pihaknya akan berupaya agar Ranperda ini seleaai dibahas karena Raperda Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Regional sangat penting.

“Kami telah menggelar rapat bersama stakeholder dan banyak masukkan yang kami dapatkan. Dan ternyata tempat pemrosesan akhir sampah regional penting untuk dibuat payung hukumnya,” ujar Politisi dari PDIP dengan tegas.

Lanjut dia, pihaknya sudah menyepakati adanya MoU antara beberapa daerah seperti Minut, Bitung, Manado, Minahasa dan Tomohon.

“Lokasinya ada di Ilo-ilo Minut. Tapi bisa digunakan oleh beberapa daerah, seperti Minahasa, Tomohon, Bitung bahkan Manado,” kata dia.

Dia pun menguraikan, sebaiknya pembuangan sampah dari rumah tangga sudah dipisahkan terlebih dahulu, sebelum dibawah ke tempat pembuangan akhir untuk mempermudah pekerjaan di pembuangan sampah regional.

“Jadi akan dipilah dulu dari sumbernya dari rumah, kelurahan, kecamatan, itu semua akan diatur,” ujarnya.

dia menambahkan, ranperda ini rencana dipilah dari kota/kabupaten baru masuk ke TPA regional dan dikelola.

“Jadi ada sistem sanitary landfill dan akan menghasilkan gas, kemudian sampah akan habis semua. Jika memungkinkan akan hasilkan RFC listrik,” kata dia seraya menambahkan adanya peraturan-peraturan yang menjadi payung hukum tentang pengelolaan sampah ini oleh 5 kabupaten/kota itu.

“Yang saya tahu di Kabupaten/Kota sudah ada perdanya. Kalau belum dipilah akan bayar kontribusi lebih,” ucap dia.

Setelah menggelar rapat, Pansus bersama stakeholder terkait menuju ke lokasi Ilo Ilo tempat Pemrosesan Akhir Sampah Regional di Minahasa Utara. (Valentino)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.