KPID Sulut Bekali Literasi Media Bagi Siswa Baru SMAN 1 Tomohon

oleh -78 Dilihat
oleh
KPID Sulut Bekali Literasi Media Bagi Siswa Baru SMAN 1 Tomohon. (Istimewa)

MANADONET.COM – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Utara (KPID Sulut) menggelar kegiatan KPID Go To School, di sela Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran Baru 2023.

Berlangsung di SMA Negeri 1 Tomohon, Senin (10/7/2022) KPID Sulut membekali ratusan siswa-siswi baru tentang Literasi Media.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua KPID Sulut, Boyke Sondakh, SE dengan menjelaskan profil singkat dari KPID Sulut, termasuk ranah kerja tugas dan fungsi dari KPID sebagai lembaga independen yang menaungi pengawasan isi siaran.

Materi disampaikan oleh Komisioner KPID Sulut, Meilany Rauw, SE mendorong para siswa agar lebih kreativ di era tv digital saat ini, dengan memilih siaran yang sehat serta meperbanyak konten-konten postif termasuk menyebarkan informasi yang baik dan bijak. Selain itu, membekali para siswa untuk bijak menggunakan media sosial dengan bijak dan menghindari bullying di medsos.

Dilanjutkan oleh Komisioner Merlyn Watulangkow, SH, memaparkan materi mengenai dunia yang serba digital banyak kejahatan digital, salah satunya serangan siber dimana informasi dan dokumen pribadimu disebarkan di internet oleh pihak tak bertanggung jawab seperti hacker. Sehingga diperlukan kecermatan siswa-siswi untuk capak dalam menggunakan teknologi digital.

Selain itu, Koordinator Bidang Kelembagaan, Pengasihan Amisan, S.IP mendorong para siswa-siswi untuk menjadi agen KPID Sulut dengan terlibat pada pengawasan partisipatif, dengan melihat siaran-siaran yang tidak baik atau melanggar aturan penyiaran, segera dilaporkan di KPID Sulut melalui media sosial KPID.

Pengasihan yang kerap disapa Bung Santo juga mengajak para siswa-siswi untuk ikut aktif terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, untuk pengembangan diri dan skill dari para siswa-siswi.

Adapaun tujuan dari kegiatan KPID Go To School ini, adalah untuk mendorong para generasi muda untuk terlibat menjadi bagian dalam pengawasan partisipatif dan cerdas dalam memilih konten siaran. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.