Pangkalan TNI AL Kwandang dan DKP Provinsi Gorontalo Siapkan Sejumlah Program Strategis Perkuat Pertahanan Wilayah Laut Gorut

oleh -93 Dilihat
Kepala DKP Gorontalo yang juga adalah Pj Bupati Gorut Sila Boututihe saat menerima kunjungan Dansatgas Lanal Kwandang Mayor (S) Chiven Sondakh dan jajaran.

GORONTALO, Manadonet.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kwandang dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo menyiapkan sejumlah program strategis yang menyasar wilayah pesisir pantai Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Hal ini terungkap saat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo Sila N Boututihe menerima kunjungan kerja Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Lanal Tipe C Kwandang Gorut Mayor Laut (S) Chiven C Sondakh, Senin (4/12/2023).

“Program dan kegiatan yang kami bahas dalam pertemuan kali ini meliputi penyelarasan kebijakan kelautan khususnya Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K),  rencana Pembangunan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kwandang. Program Kampung Bahari, Penanaman Mangrove dan kegiatan meminimalisasi illegal fishing di wilayah Laut Sulawesi khususnya pantai utara Gorontalo,” ungkap Sila yang kini dipercayakan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Gorut.

Sila Boututihe juga menyampaikan apresiasi kepada Dansatgas dan berharap sinergitas ini terus berjalan dan mampu menyelaraskan program kegiatan antara Lanal Kwandang dan DKP Provinsi Gorontalo.

Dalam pertemuan tersebut, Dansatgas Lanal Kwandang Mayor (S) Chiven Sondakh memaparkan tentang kelautan di Wilayah Perairan Gorut.

“Wilayah perairan Gorut kaya akan sumber daya alam. Selain itu, memiliki peran strategis sebagai pertahanan negara di Wilayah Laut Sulawesi,” ungkap Mayor Sondakh, Kandidat Doktor Ilmu Kelautan FPIK Unsrat.

Lanjut dia, TNI AL mengapresiasi komitmen DKP Provinsi Gorontalo membantu kelestarian ekosistem di wilayah pantai Gorut.

“Laut merupakan media pemersatu bangsa sekaligus sumber daya ekonomi terbesar untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan pertahanan Nusantara,” imbuh Ketua Komunitas Pemerhati Lingkungan Maritim SEVEN OCEANS itu.

Sekadar diketahui, kunjungan kerja Dansatgas Lanal Kwandang dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kepala Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pelabuhan Perikanan Gentuma dan Fungsional Ahli Muda Pengawas Perikanan berfokus pada sinkronisasi program dan kegiatan antara Pangkalan TNI Angkatan Laut Kwandang dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo. (get)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.